Oleh: Prof. Dr. H. Muhammad Munadi, M.Pd.
Activities |
TRP teachers |
Non-TRP teachers |
Creating lesson plans |
86% |
74% |
Teaching the subject matter |
73% |
74% |
Using a variety of instructional methods |
71% |
53% |
Assessing students |
70% |
49% |
Using technology in classroom instruction |
65% |
61% |
Interacting with parents |
64% |
54% |
Selecting and adapting curriculum and instructional materials |
64% |
49% |
Classroom management |
57% |
40% |
Gambar 1 menunjukkan bahwa peserta residensi guru lebih dominan praktik di sekolah dan pemberian umpan balik. Kedua model menunjukkan bahwa dominasi pengalaman klinis pembelajaran di kelas sehingga memudahkan guru sekaligus menguasai content knowledge, pedagogical knowledge, dan technological knowledge secara bersamaan secara riil. Model ini sesuai dengan Temuan (Zhen, 2015) menunjukkan bahwa Program Residensi Guru (TRP) menyediakan studi pengajaran berorientasi profesional yang menyediakan waktu dan kesempatan untuk belajar kumulatif baik dari pekerjaan mata kuliah tatap muka dan pengajaran praktis. Temuan ini juga diperkuat riset (Chu, 2019) bahwa meodel residensi memberikan kondisi penting dan peluang pengembangan profesional yang kaya bagi guru berpengalaman yang berfungsi sebagai mentor dan memfasilitasi pembelajaran guru prajabatan untuk mengajar. Hasil akhir dari residensi guru seperti temuan (Henning, 2018) bahwa peserta residensi menghabiskan lebih banyak waktu di sekolah, merasa lebih percaya diri tentang mengajar dan lebih siap untuk mengajar, dan akan merekomendasikan program ini kepada orang lain.
Penutup
Pendidikan dan penyiapan guru selama ini dipersoalkan karena alumi yang dihasilkan kurang menguasai content knowledge dan pedagogical knowledge, tetapi agak kuat pada penguasaan technological knowledge. Akibatnya banyak keluhan pada penguasaan menguasai content knowledge pada peserta didik dan layanan diferensiasi yang lemah. Lebih diperparah lagi program PPG masih berorientasi pemberian bekal pedagogical knowledge, dan technological knowledge tetapi tidak pada penguatan content knowledge serta berorientasi teoritik di perguruan tinggi. Oleh karena itu tawaran program residensi guru menjadi penting agar ada penguatan secara bersama content knowledge, pedagogical knowledge, dan technological knowledge secara bersama secara klinis perbaikannya dan setara dengan program Magister.
Rujukan
Aditya, A. (2018). Kajian Dampak Residensi di Yogyakarta Terhadap Karir Seniman Studi Kasus Seniman Partisipan Residensi [ISI Yogyakarta]. In UPT Perpustakaan. http://digilib.isi.ac.id/4467/6/JURNAL.pdf
Cemeti. (2019). Program Residensi Seniman. Residensi Seniman. https://cemeti.art/program-residensi-seniman/#:~:text=Program Residensi Seniman di Cemeti,dan pertukaran pengetahuan yang terbuka.
Chu, Y. (2019). Mentor teacher professional identity development in a year-long teacher residency. Mentoring and Tutoring: Partnership in Learning, 27(3), 251–271. https://doi.org/10.1080/13611267.2019.1630991
European Union. (2014). Policy Handbook on Artists’ Residencies. European Agenda For Culture. https://ec.europa.eu/assets/eac/culture/policy/cultural-creative-industries/documents/artists-residencies_en.pdf
Fitz, J., & Yun, C. (2024). Successful Teacher Residencies: What Matters and What Works. Learning Policy Institute. https://learningpolicyinstitute.org/media/4231/download?inline&file=Successful_Teacher_Residencies_BRIEF.pdf
Guha, R., Hyler, M. E., & Darling-Hammond, L. (2016). The Teacher Residency: An Innovative Model for Preparing Teachers. Learning Policy Institute. https://learningpolicyinstitute.org/product/teacher-residency
Henning, J. E. (2018). A Sustainable Teacher Residency : Designing Paid Internships for Teacher Education. Lanham, 11(3), 1–16.
Lanredahunsi. (2013). The 2014 UNESCO Aschberg Bursaries For Artists Programme. OFA. https://www.opportunitiesforafricans.com/the-2014-unesco-aschberg-bursaries-for-artists-programme/
NCTR. (2024). Our Residency Model. National Center For Teacher Residencies. https://nctresidencies.org/our-residency-model/
NYU Steinhardt. (2023). Teacher Education Reinvented Supporting Excellence in Teacher Education. Teacher Education Steinhardt NYU. https://teachereducation.steinhardt.nyu.edu/what-is-a-teacher-residency/
Teater Garasi. (2018). Magang dan Residensi. Garasi Performance Institute. http://teatergarasi.org/?page_id=7389&lang=id
Zhen, S. (2015). Learning in a Pre-Service Teacher Residency Program [Edith Cowan University]. http://ro.ecu.edu.au/theses/1749
https://www.aerogrammestudio.com/2020/01/31/residencies-for-writers-2020/