08 December 2023

Review Buku: Filsafat Pendidikan Islam

Oleh: Nike Novita Sari

 

Review Buku

Judul Buku: Filsafat Pendidikan Islam

Pengarang: Syamsul Kurniawan

Penerbit: Madani, Kelompok Intrans Publishing

Tahun Terbit: 2017

Tebal:  xii + 120

 

Buku ini memaparkan beberapa persoalan yang menjadi ruang lingkup pembahasan filsafat pendidikan Islam, seperti; hakikat pendidikan Islam, sumber dan dasar pendidikan Islam, peserta didik dalam pendidikan Islam, kurikulum pendidikan Islam, strategi, pendekatan, dan metode pendidikan Islam, evaluasi pendidikan Islam. Buku ini memaparkan bahwasannya filsafat pendidikan Islam merupakan sebuah ide dan konsep intelektual yang tersusun dan diperkuat melalui pengalaman dan pengetahuan. Buku ini sangat menarik dan dapat mengedukasi mahasiswa sebagai buku pegangan, selain itu juga bermanfaat untuk para peminat kajian-kajian pendidikan Islam.

Pada hakikatnya Pendidikan Islam merupakan sebuah upaya ataupun proses pendidikan yang dilakukan untuk membimbing tingkah laku manusia baik individu maupun sosial, untuk mengarahkan potensi baik potensi dasar (fithrah) maupun ajar yang sesuai dengan fitrahnya melalui proses intelektual dan spiritual yang berlandaskan nilai Islam untuk mencapai kebahagiaan hidup didunia dan akhirat.  

Menurut saya bagian yang menarik berada di bab 5 yaitu tentang pendidik dalam pendidikan Islam. Dalam buku dipaparkan bahwasannya profesionalisme seorang pendidik, baik secara intelektual, moral, dan spiritual sangat memegang peranan penting ketika pendidikan islam ingin maju dan berkembang. Dari kalimat tersebut membuat para pendidik sadar akan besarnya tugas yang ia emban. Menjadi seorang pendidik bukan hanya sebagai penyampaian ilmu pengetahuan saja akan tetapi ia juga harus bisa membina akhlah, serta menjadi model keteladanan bagi peserta didiknya. Dengan terlaksananya peran pendidik tersebut diharapkan pendidikan Islam akan tetap eksis, diminati, dan berkembang. 

Jika melihat keadaan pendidikan islam disekitar lingkungan kita belum bisa dikatakan berkembang sepenuhnya, karena tidak semua pendidik menjalankan perannya seperti yang dipaparkan dibuku. Kebanyakan dari mereka hanya menyampaikan ilmu pengetahuan saja kepada peserta didik. Menurut saya seorang pendidik maupun mahasiswa kependidikan dapat membaca buku ini dan dapat pula merealisasikannya dalam pembelajaran, sehingga pendidikan Islam yang ada di Indonesia ini dapat terus berkembang dengan baik.

Kelebihan dari buku ini adalah bahasa yang digunakan mudah dimengerti. Pembahasan dalam buku ini bersumber dari Al-Qur’an maupun hadits, selain itu buku ini juga menyajikan pemikiran-pemikiran tokoh muslim, yang mana para tokoh tersebut  memang ahli dalam bidang filsafat islam seperti: Al-Ghazali, Ibnu Sina, Ibnu Khaldun. Kekurangan dari buku ini adalah penjelasannya kurang meluas sehingga pembaca hanya bisa mengambil pengetahuan dasarnya. Dan dalam setiap babnya tidak ada kesimpulan ataupun pendapat dari pengarang.

***

Editor: Saiddaeni

Review Buku: Filsafat Pendidikan Islam