SEKOLAH LABORATORIUM: BERLAYAR SESUAI KHITHTHAH
Oleh: Muhammad Munadi
Perjalanan dan pergeseran fungsi sekolah laboratorium layak dikhawatirkan dan mestinya pengelola PT dan Madrasah/Sekolah Laboratorium mengembalikan hakekat dari definisi laboratorium itu sendiri. Jika merujuk Kamus Meriam-Webster (Merriam-Webster, 2024a) dinyatakan bahwa laboratorium sebagai a place providing opportunity for experimentation, observation, or practice in a field of study. Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa laboratorium sebagai sebuah tempat yang menyediakan peluang untuk melakukan ujicoba, pengamatan atau praktek dalam sebuah kajian ilmu. Kerangkanya adalah pengembangan ilmu agar ilmu lebih mem-“bumi”. Kalau dikaitkan dengan sekolah laboratorium, maka bisa dinyatakan sebagai It's a K-12 school or school with some variation of those grades which is operated by a university or college (Kennedy, 2023). Pengertian yang mirip dinyatakan dalam Kamus Merriam-Webster a school operated by a college or university and used especially for student teaching and the demonstration of classroom practices (Merriam-Webster, 2024b). Dua pengertian tersebut bermakna bahwa sekolah yang yang dimiliki dan dioeprasikan oleh perguruan tinggi serta digunakan terutama untuk pengajaran siswa dan demonstrasi praktik kelas oleh mahasiswa calon guru. Sekolah laboratorium berhubungan langsung dengan tujuan penelitian atau pelatihan guru, demonstrasi dan eksperimen berkait pembelajaran di universitas (Cucchiara, 2010). Secara spesifik sekolah ini didukung oleh jurusan/program studi pada universitas atau lembaga yang melatih guru (Haag, 2017). Ada Tiga kegiatan yang saling melengkapi dan terkait erat dengan sekolah laboratorium, yaitu: pendidikan, pelatihan dan penelitian (Wilcox-Herzog & McLaren, 2012).
Cara Memandang Sekolah Laboratorium
Pernyataan menarik dalam buku Perencanaan stratejik dinyatakan bahwa The Laboratory Schools are home to the youngest members of the University of Chicago’s academic community. We ignite and nurture an enduring spirit of scholarship, curiosity, creativity, and confidence. We value learning experientially, exhibiting kindness, and honoring diversity (Laboratory School University of Chicago, 2019). Itu artinya Sekolah Laboratorium adalah rumah bagi anggota termuda dari komunitas akademik Universitas Chicago. Kami mengobarkan dan memupuk semangat keilmuan, keingintahuan, kreativitas, dan kepercayaan diri yang abadi. Kami menghargai pembelajaran berdasarkan pengalaman, menunjukkan kebaikan, dan menghormati keberagaman. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian dalam Sekolah Laboratorium harus mendasarkan pada transdisiplin ilmu, kolborasi, eksperimen dan berakhir pada transformasi manfaat riset pada masyarakat. Gambarannya diberikan (Zenke & Kurz, 2023) sebagai berikut
Gambar 1. Prinsip penelitian utama sekolah laboratorium
Prinsip tersebut bisa dilaksanakan, jika ada hubungan kolaboratif kontinum antar komponen sekolah laboratorium dengan universitas. Gambarannya sebagai berikut.
Gambar 2 Hubungan kolaboratif kontinum (Zenke & Kurz, 2023)
Gambar 1 dan 2 kalau dilaksakanan maka bisa menjadikan sekolah laboratorium sebagai trendsetter ilmu pendidikan dan pembelajaran yang mem-“bumi” dan sesuai dengan lokalitas yang bersifat diferensiatif dan diversifikatif layanan dan kurikulum.
Rujukan
Cucchiara, M. (2010). New Goals , Familiar Challenges ?: A Brief History of University-Run Schools. Teachers College Record. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ894472.pdf
Haag, P. (2017). Laboratory schools: a new educational phenomenon. Retrieved May 1, 2024, from The Conversation website: https://theconversation.com/laboratory-schools-a-new-educational-phenomenon-79071
Hopkins, D., & Baumber, J. (2021). What Is A Laboratory School? Retrieved May 1, 2024, from Teaching Times website: https://www.teachingtimes.com/what-is-a-laboratory-school/
Humas UPI. (2021). Laboratorium School. Retrieved May 2, 2024, from Portal Berita UPI website: https://berita.upi.edu/laboratorium-school/
Jones, M. M. (2024). The Co-design of an Embedded School-University Partnership: An Application of Dewey’s Laboratory Style Approach to PST Experiences in Schools. In Creating, Sustaining, and Enhancing Purposeful School-University Partnerships (pp. 97–120). Singapore: Springer Nature Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-99-8838-9_6
Kennedy, R. (2023). Lab Schools. Retrieved May 2, 2024, from Private School Review website: https://www.privateschoolreview.com/blog/lab-schools
Laboratory School University of Chicago. (2019). 2019 Strategic Framework.
Merriam-Webster. (2024a). Laboratory. In Dictrionary Merriam-Webster. Merriam-Webster. Retrieved from https://www.merriam-webster.com/dictionary/laboratory#:~:text=1,in a field of study
Merriam-Webster. (2024b). Merriam-Webster Dictionary. Merriam-Webster. Retrieved from https://www.merriam-webster.com/dictionary/laboratory school
Tanner, L. N. (1991). The meaning of curriculum in Dewey’s Laboratory School (1896‐1904). Journal of Curriculum Studies, 23(2), 101–117. https://doi.org/10.1080/0022027910230201
Tanner, L. N. (1997). Dewey’s laboratory school : lessons for today. Chicago: University of Chicago Press.
Wilcox-Herzog, A. S., & McLaren, M. S. (2012). Lessons learned : Building a better laboratory school. NALS Journal, 4(1). Retrieved from https://digitalcommons.ric.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1021&context=nals
Zenke, C. T., & Kurz, B. (2023). Laboratory schools. A new approach towards participatory research and democratic education in Europe. In LabSchoolsEurope (pp. 13–23). Verlag Julius Klinkhardt. https://doi.org/10.35468/6040-02