Oleh: Annias Suci Pratamia_223111091
Lembaga Pendidikan merupakan lembaga-lembaga yang memiliki peran dan wewenang dalam segala aspek kegiatan kependidikan agar dapat menumbuhkan dan mengembangkan potensi-potensi yang ada dalam diri peserta didik. Lembaga Pendidikan ini ada 3 lembaga pendidikan yaitu lembaga pendidikan Keluarga, Sekolah, dan masyarakat. Lembaga Pendidikan keluarga adalah lembaga pendidikan pertama dalam mendidik dan menerapkan pendidikan karakter anak sejak dini oleh orang tua dan anggota keluarganya. Lembaga Pendidikan Sekolah adalah lembaga pendidikan formal yang dilakukan oleh pendidik atau guru dalam mendidik serta menerapkan pendidikan karakter peserta didik. Lembaga pendidikan sekolah ini meliputi PAUD, TK, SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA, SMK, Universitas, dan Sekolah Khusus lainnya. Adapun lembaga pendidikan masyarakat adalah lembaga Pendidikan yang ada dalam masyarakat yang memiliki peranan dalam mendidik dan menerapkan pendidikan kepada peserta didik.
Pendidikan Karakter memiliki arti yang sangat penting diantaranya yaitu untuk mengoptimalkan dan mengetahui muatan karakter perilaku dan akhlak yang baik dan positif dari peserta didik. Pada dasarnya, penerapan dalam pembentukan karakter ini bisa diterapkan dalam segala macam lembaga pendidikan. Namun, pada masa sekarang ini kebanyakan penerapan pendidikan karakter lebih banyak pada lembaga-lembaga pendidikan sekolah. Hal tersebut didukung dengan adanya asumsi bahwa sebagian besar orang tua hanya menitipkan anaknya di sekolah. Hal ini maksudnya orang tua memasukkan anaknya ke sekolah agar dididik oleh gurunya saja sehingga orang tuanya tidak perlu mendidik anaknya lagi di rumah. Padahal hal tersebut salah dan tidak dibenarkan, karena orang tua menjadi madrasah pertama dan wajib juga menjadi pendidik anaknya dalam segala aspek agar anak dapat meraih cita-citanya di masa depan.
Lembaga pendidikan Sekolah menjadi lembaga pendidikan yang menjadi pusat dalam pendidikan peserta didik pada saat ini. Maka dari itu tenaga pendidikan di sekolah sangat berperan penting dalam pendidikan karakter pada peserta didik. Tenaga pendidikan sekolah meliputi guru, dosen, dan tenaga pendidikan lainnya. Oleh karena itu guru dituntut untuk dapat menerapkan pendidikan karakter dan membangun karakter peserta didik. Maka dari itu, ada beberapa cara yang efektif yang dapat dilakukan guru untuk dapat membangun karakter peserta didik yang dapat diterapkan di kelas atau di sekolah. Cara-caranya antara lain yaitu dengan memberikan contoh dan teladan yang baik, memberi pengajaran tentang sopan santun, melatih bersikap jujur dan terbuka dalam segala hal, memberikan motivasi atau pencerahan, memberikan pesan moral dalam setiap pembelajaran, memberikan sebuah apresiasi atau bahkan penghargaan, dan cara yang lainnya.
Lembaga pendidikan menjadi garda terdepan dalam dunia pendidikan untuk mendidik anak-anak bangsa. Maka dari itu sebagai pendidik harusnya mendidik peserta didiknya dengan benar dan sungguh-sungguh. Seorang pendidik bukan hanya mendidik dengan ilmu pengetahuan saja akan tetapi juga harus menerapkan pendidikan karakter kepada peserta didiknya. Hal tersebut bertujuan agar peserta didik dapat meraih cita-cita dan menjadi bekal untuk masa depannya.
DAFTAR PUSTAKA
Marlina Gazali, Optimalisasi Peran Lembaga Pendidikan Untuk mencerdaskan Bangsa, Jurnal Al-Ta’dib, Vol. 6 No. 1 Januari-Juni 2013,halaman 216.
E. Dewi Yuliana, Pentingnya Pendidikan Karakter Bangsa Guna Merevitalisasi Ketahanan Bangsa, Udayana Mengabdi Volume 9 Nomor 2 Tahun 2010,halaman 94.
***
Editor: Saiddaeni